STIE Kesuma Negara Blitar

  • Home
  • /
  • Magang Merdeka

Magang Merdeka

Senin 13 September 2022 sejumlah 71 orang mahasiswa dan mahasiswi peserta Magang semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 STIE Kesuma Negara Blitar diberangkatkan ke tempat magang masing-masing. Acara pemberangkatan dilakukan dengan pemasangan kartu nama secara simbolis oleh ketua STIEKEN kepada peserta magang. Kegiatan ini merupakan program wajib yang diadakan setiap tahun untuk mahasiswa STIEKEN Blitar semester 7 baik prodi Akuntansi maupun Manajemen. Namun magang tahun 2021 kali ini berbeda dengan kegiatan magang pada tahun-tahun sebelumnya dikarenakan saat ini kampus sudah mulai menerapkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Hal itu didasari oleh Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 74/P/2021 tentang Pengakuan Satuan Kredit Semester Pembelajaran Program Kampus Merdeka yang didalamnya mengatur kegiatan mahasiswa diluar kampus selama 1 (satu) semester atau jika dikonversi ke dalam mata kuliah setara dengan 20 sks yang salah satunya adalah magang merdeka. Didalamnya terdapat kurang lebih ada 9 (Sembilan) kegiatan diluar kampus yang dapat dipilih mahasiswa.
Melihat hal tersebut maka, UPT Pusat Karir dan Alumni STIEKEN Blitar ditunjuk sebagai PIC atau koordinator program magang pada tahun 2021. Pembagian PIC dilakukan oleh Kepala Prodi baik dari Akuntansi maupun  Manajemen. Selain program magang, UPT Pusat Karir dan Alumni STIEKEN juga menjadi koordinator program kewirausahaan yang bekerjasama dengan kemahasiswaan dan dikelola langsung oleh kepala bagian kemahasiswaan. Sejumlah 71 mahasiswa memilih program magang dan 5 lainnya memilih kewirausahaan. Penempatan magang kali ini mencangkup instansi yang ada dikota dan kabupaten blitar, diantaranya; Kantor Kelurahan se-Kecamatan Sananwetan, Kantor Kecamatan Sanankulon, Dinas Koperasi dan UM kota dan kabupaten blitar, Dinas Pemuda dan Olahraga kota Blitar serta beberapa instansi lainnya. Pada tanggal 10 September 2021 sebanyak 16 peserta magang di Kelurahan se-Kecamatan Sananwetan Kota Blitar diserahkan secara resmi melalui acara “SERAH TERIMA PESERTA MAGANG TAHUN 2021 STIKEN BLITAR DI KELURAHAN SE-KECAMATAN SANANWETAN” selain itu, turut mengundang seluruh Lurah yang ada di kelurahan se-kecamatan sananwetan. Penyerahan peserta magang dilakukan oleh ibu Sulistya Dewi W.,SE.,MSA.,MOS Selaku wakil ketua bidang kemahasiswaan dan alumni sekaligus sebagai penganggungjawab program magang tahun 2021. Serah terima peserta magang ini disambut baik oleh bapak Heru Eko Pramono, S.STP selaku camat kecamatan sananwetan kota blitar. Pelaksanaan magang berdurasi selama 1 (satu) semester terhitung mulai tanggal 13 September dan berakhir pada tanggal 13 Januari 2022. 
Melalui kegiatan ini nantinya diharapkan mahasiswa memiliki bekal yang cukup dan mumpuni ketika sudah terjun ke dunia kerja, selain itu melalui kegiatan magang, mahasiswa juga dapat mendapatkan pengalaman secara softskill maupun hard skill.
%d bloggers like this: