STIE Kesuma Negara Blitar

  • Home
  • /
  • Bantuan Program Fasilitasi Tracer Study untuk Tahun 2021

Bantuan Program Fasilitasi Tracer Study untuk Tahun 2021

UPT Pusat Karir dan Alumni STIEKEN Blitar adalah bagian dari kampus yang memiliki tugas salah satunya adalah melakukan pelacakan alumni atau disebut dengan Tracer Study. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi dan pendukung data untuk Akreditasi kampus. Pada bulan Mei, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi memberikan Bantuan Program Fasilitasi Tracer Study untuk Tahun 2021, Bantuan ini diberikan untuk membantu memfasilitasi proses kegiatan yang terkait pelaksanaan Tracer Study sesuai kriteria dan persyaratan yang tertera pada panduan. UPT Pusat Karir dan Alumni STIEKEN Blitar berhasil mendapatkan Bantuan Program Fasilitasi Tracer Study tersebut.
Responden Tracer Study kali ini adalah alumni yang lulus pada tahun 2019 dan 2020 dengan Target mencapai Respone Rate 100%. Selain itu, UPT Pusat Karir dan Alumni juga mengadakan kegiatan FGD bersama Stakeholder se kota dan kabupaten blitar untuk mendapatkan masukan serta diskusi bersama mengenai tracer study. Untuk mengetahui perkembangan dunia kerja serta pengalaman kerja, maka pada bulan September 2021 juga diadakan FGD bersama alumni  sebagai wadah untuk saling berbagi dan bercerita mengenai karir alumni setelah lulus. Untuk mencapai Tracer Study dengan target respone rate 100% maka diperlukan media dalam pengumpulan data, untuk itu kampus menggunakan platform E-Campuz sebagai media untuk melaksanakan sistem kampus dalam segala bidang dan juga disosialisasikan ke alumni agar mengisi seluruh kuisioner Tracer Study.
Salah satu penunjang keberhasilan kegiatan Tracer Study maka juga dilakukan kunjungan secara langsung ke tempat kerja alumni yaitu ke PT. Jatinom Indah Group dan PT. Mayangkara Group. Melalui kunjungan tersebut didapati informasi mengenai apa saja kebutuhan dunia kerja saat ini, sehingga UPT Pusat Karir dan Alumni STIEKEN Blitar menyiapkan calon lulusan untuk siap terjun ke dunia kerja dengan mengadakan kegiatan sosialisasi Tracer Study dan Pembekalan Calon Lulusan pada bulan Desember 2021.
Sebagai penutup program ini maka Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi mengadakan kegiatan “Seminar Hasil Bantuan Program Fasilitasi Tracer Study Tahun 2021” bertempat di Bali pada tanggal 5-7 Desember 2021, kegiatan ini juga merupakan laporan hasil dari pelaksanaan Tracer Study yang sudah berjalan selama program berlangsung.
%d bloggers like this: